Senin, 13 Desember 2010

Kegunaan Lampu depan


Sistem penerangan pada mobil terbagi menjadi beberapa bagian, dimana salah satunya adalah lampu depan. Lampu depan yang terdiri dari lampu kepala dan lampu sein sangat vital keberadaannya di mobil. Lampu kepala sendiri terdiri dari lampu jarak dekat dan jarak jauh yang berfungsi menerangi jalan pada saat malam hari.
Lampu jarak dekat mempunyai jarak penyinaran sekitar 40 m dari ujung depan mobil, biasanya dipakai untuk melakukan perjalanan malam hari di jalanan perkotaan dengan penerangan lampu jalan yang baik. Sedangkan untuk lampu jarak jauh mempunyai jarak penyinaran berkisar 100 m dari ujung depan mobil kita. sehingga jangkuan kedepannya lebih jauh, biaanya lampu jauh ini dipakai untuk mengetahui kondisi jalanan didepan saat kita mau menyalip mobil pada malam hari.
Sedangkan model lampu kepala sendiri ada dua macam yaitu sealed beam dan semi sealed beam. Kedua model lampu ini dibedakan berdasarkan konstruksinya. Model sealed beam ditunjukkan dengan bohlam lampu dan rumah lampu menyatu, sehingga jika lampu mati maka penggantiannyapun harus satu paket. Sedangkan untuk model semi sealed beam konstruksinya terpisah antara bohlam lampu dengan rumah lampu sehingga memungkinkan untuk penggantian bohlamnya saja. Untuk model kedua biasanya dipasangi dengan jenis lampu halogen ataupun juga lampu xenon.
Untuk membantu memperbaiki jarak pandang ke arah depan di saat hujan lebat, jika lampu utama tidak mampu kendaraan tidak mampu menembus lebatnya hujan, maka lampu kabut atau foglamp yang berwarna kuning merupakan solusi untuk menghadapi situasi dan keadaan yang seperti itu.
Selaian lampu kepala yang tidak kalah pentingnya adalah lampu hazard. Adapun yang dimaksud dengan lampu hazard adalah berkedipnya lampu sinyal pemberi isyarat arah belok kanan dan belok kiri secara bersamaan. Fungsi dari lampu ini, menurut aturan internasional, untuk menunjukkan adanya keadaan hazard atau situasi darurat sedang terjadi pada kendaraan yang menyalakan lampu tersebut.
Situasi dan kondisi yang dimaksudkan itu, antara lain apabila kendaraan yang bersangkutan itu karena mogok ataupun alasan lainnya menjadi terpaksa berhenti di tengah badan jalan atau di bahu jalan, pada saat keadaan lalu lintas di sekelilingnya sedang bergerak dengan cepat. Sehingga jika ada mobil yang akan menyalip mobil kita mereka akan lebih hati-hati.
Kewajiban menghidupkan lampu hazard pada saat keadaan yang demikian itu dimaksudkan agar kendaraan lainnya dari jarak yang aman dan memadai sehingga dapat melakukan antisipasi untuk melakukan manuver menghindar.
Lampu hazard ini, secara aturan bakunya hanya boleh digunakan untuk keadaan kendaraan yang sedang tidak dalam keadaan bergerak.

Aman Mengemudi Di malam Hari


Mengemudi di malam hari bagi sebagian orang adalah sesuatu yang menakutkan. Banyak kejadian mobil mogok di tengah jalan pada malam hari karena kurangnya perawatan dari pemiliknya. Atau mungkin banyaknya kecelakaan yang terjadi karena kurang pahamnya dengan tips mengemudi pada malam hari.
Mengemudi pada malam hari yang perlu kita perhatikan adalah kondisi lampu penerangan kita.
Jangan sampai saat kita berkendara malam hari kondisi lampu penerangan kita kurang terang atau bahkan mati yang menyebabkan kita tidak bisa melihat kondisi jalanan. Selalu lakukan pengecekan kondisi lampu penerangan kita di bengkel mobil langganan saat kita servis rutin.
Selain itu penggunaan lampu yang tidak sesuai juga mengundang resiko terjadinya kecelakaan.
Misalkan kita selalu menggunakan lampu jarak jauh saat di jalanan gelap akibatnya pengemudi dari arah berlawanan akan terganggu pengamatannya terhadap jalan yang bisa menyebabkan hilang kendali terhadap jalan. Yang pada akhirnya bisa menjadi kecelakaan.
Yang pasti kita harus selalu siap dengan kondisi apapun yang akan terjadi saat mengemudi pada malam hari.
Untuk itu semua perlengkapan dan kebutuhan yang kita perlukan harus selalu kita persiapkan di dalam bagasi mobil kita. karena kita tidak tahu kapan masalah akan datang, beruntung jika datangnya siang hari, tapi jika malam hari kita juga harus siap.
Seperti perlengkapan yang wajib ada di dalam mobil kita adalah ban serep.
Karena kita tidak akan tahu kapan ban mobil kita bocor sehingga peralatan mengganti ban harus wajib kita ikutkan saat kita berkendara terutama pada malam hari. Kunci untuk melepas ban mobil dan dongkrak ban harus menjadi prioritas utama di bagasi mobil kita.
Jangan lupa juga catat nomor telpon bengkel mobil yang ada disepanjang jalan yang kita lalui.
Dengan mengetahui nomor bengkel mobil terdekat saat kita mengalami mogok dijalan, maka kita tinggal telpon pemilik bengkel mobil tersebut dan tidak butuh waktu lama untuk datang ke tempat kita.
siapkan juga bohlam lampu h4 cadangan dan sekering, sewaktu – waktu lampu penerangan mati di jalan kita bisa langsung melakukan penggantian di tempat, tidak perlu ke bengkel mobil yang jaraknya mungkin cukup jauh.

Kaca Film Melindungi Interior Mobil Anda


Untuk melindungi interior mobil kita dari sengatan terik matahari ada baiknya kita lapisi kaca mobil kita dengan kaca film mobil. Dengan adanya kaca film mobil tersebut akan membuat interior dalam mobil kita terlindungi dari sinar yang merusak. Sekarang banyak ditawarkan paket kaca film mobil dengan berbagai kelebihan dan harga yang bervariasi. Yang jelas kita harus benar-benar paham dengan fungsi dasar dari kaca film dan spesifikasi yang menyertainya.
Ada beberapa  merek kaca film yang ada di pasaran, mutu dari masing-masing kaca film tersebut berdasarkan kualitas dari bahan pendukungnya. Untuk memudahkan membaca spesifikasi untuk kaca film mobil maka dapat difokuskan pada 4 spesifikasi yang terdapat pada kaca film.
Yang pertama adalah UVR (Ultraviolet Reflectance), jenis kaca film mobil yang dilengkapi dengan spesifikasi ini mampu menolak sinar ultra violet. Dimana sinar ultraviolet adalah cahaya yg dapat membuat interior mobil yang terbuat dari kulit  menjadi retak/pecah-pecah, warna interior mobil memudar dan yang paling berbahaya adalah dapat menyebabkan kanker kulit. Pada umumnya kaca film branded dapat menolak UV 99%.
Yang kedua adalah jenis VLT (Visible Light Transmittance), VLT berhubungan dg persentase kegelapan kaca film, pada umumnya kaca mobil sebelum terpasang kaca film dapat menolak cahaya 5%. Kaca film mobil yang terlalu gelap berakibat saat parkir mundur pada malam hari dengan kondisi penerangan yg kurang, maka akan sulit melihat spion dengan jelas.
Jenis ketiga kaca film mobil dengan spesifikasi IRR (Infra Red Reflectance/Rejected. Jenis kaca film mobil seperti ini mampu memantulkan sinar infra merah . Selanjutnya jenis TSER (Total Solar Energy Rejected), menunjukkan total solar energy (heat/panas) yg di tolak oleh kaca film. Semakin besar persentase TSER semakin baik, krn menandakan kemampuan kaca film untuk menolak panas yg masuk melalui kaca film secara total.
Semakin lengkap kemampuan yang dimiliki sebuah kaca film mobil semakin mahal juga harga kaca film tersebut. Dengan kemampuan yang memantulkan sinar ultra violet, sinar infra merah dan kemampuan menolak cahaya yang masuk semakin baik sudah pasti keamanan dan keselamatan dalam berkendara juga akan semakin terjamin.

Alarm Mobil


Maraknya percurian mobil akhir-akhir ini menjadikan kita sebagai pemilik mobil merasa was-was. Untuk itu kita harus selalu waspada dan jaga-jaga dengan segala kondisi yang mungkin akan terjadi. Tidak ada salahnya jika kita melengkapi mobil kita dengan alarm mobil.
Dengan alarm mobil kita harapkan mobil kita bisa aman dari pencurian dan kita tidak usah kuatir dengan aki mobil kita yang cepat habis dengan pemakaian alarm. Anggapan dengan penggunaan alarm mengakibatkan aki mobil tekor sebetulnya adalah kesalahan yang jarang terjadi dari pemasangan alarm.
Pemakaian arus listrik pada saat alarm sedang aktif (stand by) adalah tidak lebih besar dari jam digital pada mobil itu sendiri yaitu sekitar 0,06A yang mana bila ditinggal dalam waktu yang cukup lama (misalnya 1 minggu) tidak akan memboroskan / membuat aki mobil tekor.
Aki menjadi boros bisa disebabkan alarm terlalu sering berbunyi, atau sirine selalu sering dibunyikan dalam waktu yang lama, karena jika hal ini terjadi memang sudah pasti dapat memboroskan pemakaian arus listrik pada aki mobil
saat pemasanganpun kita harus hati-hati, pilih bengkel mobil yang kompeten dalam pemasangan alarm mobil tersebut.
Karena kesalahan dalam pemasangan alarm mobil bisa menyebabkan korsleting. untuk alarm, jika pengerjaan dan pemasangan yang benar dan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh pabrik hal tersebut dapat di hindari.
Yang perlu diingat juga saat pemasangan sensor-sensor pada beberapa jenis mobil, usahakan pemasangan sensor tersebut diletakkan pada tempat yang tersembuyi dan terlindungi dari air maupun benturan-benturan yang keras.
Kalaupun terjadi permasalahan pada mobil yang dipasangi alarm, hendaknya permasalah itu di lihat kerusakannya karena walaupun alarm dipasang pada mobil tetapi menggunakan sistem pemasangan tersendiri dan hanya mengambil sedikit arus sebagai sarana input dan outputnya.
Jadi anggapan bahwa pemasangan alarm mobil bisa membuat aki mobil tekor tidak selama benar asalkan pemasangan dan instalasi kelistrikannya benar dan tidak terdapat korsleting.

Beli Mobil, hal penting yang harus diingat

belimobilMembeli sebuah mobil baik mobil baru maupun mobil bekas membutuhkan ketelitian. Untuk itu sebelum beli mobil ada baiknya kita mengumpulkan semua informasi yang nantinya akan bisa membantu kita dalam menentukan mobil apa dan seperti apa yang akan kita beli.
Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menyiapkan budget yang sesuai dengan kemampuan kita. Budget ini harus benar – benar kita persiapkan dan hitung sebelum kita beli mobil. Selanjutnya dari budget yang ada kita bisa menentukan beli mobil baru atau mobil bekas atau mobil tangan kedua.
Jika budget kita mencukupi untuk membeli sebuah mobil baru, resikonya mungkin lebih kecil daripada kita membeli mobil bekas. Yang jelas mobil baru kualitasnya sudah pasti dijamin karena memang masih baru. Dealer yang jual mobil baru pun banyak sehingga kita akan lebih leluasa dalam memilih.
Meskipun kita membeli mobil baru atau mobil bekas, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Hal – hal tersebut meskipun berbeda – beda antara satu orang dengan orang yang lain, yang pasti akan bisa menjadi masukan buat kita. Diantaranya yang bisa menjadi pertimbangan kita adalah:
1. Pilihlah mobil dengan spare part pendukung yang banyak tersedia di toko onderdil mobil. Dengan banyaknya spare part dari mobil yang menjadi pilihan kita, kita akan merasa lebih tenang saat memakainya keluar kota karena banyak toko onderdil mobil yang menjual spare partnya.
2. Pilihlah mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Misalkan kita keluarga kecil dengan dua orang anak, untuk keluarga dengan jumlah anggota keluarga tidak lebih dari lima orang mungkin mobil sedang yang paling cocok.
3. Pilihlan mobil dengan harga jual kembali yang tinggi dan kesediaan bengkel mobil resmi yang banyak dan tersebar diberbagai kota.
4. Pilihlah mobil yang mempunyai ekonomis tinggi. Mobil dengan nilai ekonimis yang tinggi adalah mobil yang bisa memberikan nilai keuntungan – keuntungan tersendiri bagi kita. Keuntungan tersebut bisa berupa konsumsi bahan bakar yang hemat atau juga spare part yang murah.
Empat hal tersebut bisa menjadi pertimbangan kita dalam memilih mobil yang akan kita beli. Dengan demikian kita tidak akan mengalami salah pilih dalam menentukan mobil apa yang akan kita beli. Dan juga kita akan dapat membeli mobil sesuai dengan yang kita butuhkan dan budget yang tersedia. Selamat berburu mobil!
Membeli sebuah mobil baik mobil baru maupun mobil bekas membutuhkan ketelitian. Untuk itu sebelum beli mobil ada baiknya kita mengumpulkan semua informasi yang nantinya akan bisa membantu kita dalam menentukan mobil apa dan seperti apa yang akan kita beli. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menyiapkan budget yang sesuai dengan kemampuan kita. Budget ini harus benar – benar kita persiapkan dan hitung sebelum kita beli mobil. Selanjutnya dari budget yang ada kita bisa menentukan beli mobil baru atau mobil bekas atau mobil tangan kedua.
Jika budget kita mencukupi untuk membeli sebuah mobil baru, resikonya mungkin lebih kecil daripada kita membeli mobil bekas. Yang jelas mobil baru kualitasnya sudah pasti dijamin karena memang masih baru. Dealer yang jual mobil baru pun banyak sehingga kita akan lebih leluasa dalam memilih.
Meskipun kita membeli mobil baru atau mobil bekas, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Hal – hal tersebut meskipun berbeda – beda antara satu orang dengan orang yang lain, yang pasti akan bisa menjadi masukan buat kita. Diantaranya yang bisa menjadi pertimbangan kita adalah:
1. Pilihlah mobil dengan spare part pendukung yang banyak tersedia di toko onderdil mobil. Dengan banyaknya spare part dari mobil yang menjadi pilihan kita, kita akan merasa lebih tenang saat memakainya keluar kota karena banyak toko onderdil mobil yang menjual spare partnya.
2. Pilihlah mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Misalkan kita keluarga kecil dengan dua orang anak, untuk keluarga dengan jumlah anggota keluarga tidak lebih dari lima orang mungkin mobil sedang yang paling cocok.
3. Pilihlan mobil dengan harga jual kembali yang tinggi dan kesediaan bengkel mobil resmi yang banyak dan tersebar diberbagai kota.
4. Pilihlah mobil yang mempunyai ekonomis tinggi. Mobil dengan nilai ekonimis yang tinggi adalah mobil yang bisa memberikan nilai keuntungan – keuntungan tersendiri bagi kita. Keuntungan tersebut bisa berupa konsumsi bahan bakar yang hemat atau juga spare part yang murah.
Empat hal tersebut bisa menjadi pertimbangan kita dalam memilih mobil yang akan kita beli. Dengan demikian kita tidak akan mengalami salah pilih dalam menentukan mobil apa yang akan kita beli. Dan juga kita akan dapat membeli mobil sesuai dengan yang kita butuhkan dan budget yang tersedia. Selamat berburu mobil!

Variasi Honda Vario

Image Honda telah melekat di masyarakat Indonesia sebagai pabrikan roda dua yang terbaik. Dan tidak mengherankan jika sebagian masyarakat Indonesia menganggap motor adalah Honda. Hal itu tidak mengherankan jika model maupun tipe apapun yang dikeluarkan oleh pabrikan Honda akan diterima dengan baik oleh pasar. Begitupun saat Honda mengeluarkan varian matiknya yaitu Honda Vario. Varian skutik ini laris manis mendampingi Yamaha Mio di kelas skutik.
Dengan bagusnya angka penjualan Honda vario diikuti juga dengan ramainya bursa variasi nya. Di banyak toko variasi saat ini sudah banyak tersedia aneka variasi Honda Vario yang diperuntukkan khusus untuk mempercantik tampilannya.
Karena saat ini fungsi motor sebagai alat transportasi sudah mulai bergeser menjadi media katualisasi diri dan juga sebagai gaya hidup. Untuk itu penambahan variasi sangat memungkinkan untuk mewujudkan tujuan tersebut. Dan dengan penambahan variasi pula motor akan terlihat berbeda dengan motor lain.
Variasi Honda Vario apa saja yang biasa diaplikasi oleh para pemakainya? Kebanyakan para pemakai vario fokus pada modifikasi tampilan luar. Seperti penggantian shockabsorber dengan yang model upside down. Dengan penggantian shockabsorber tampilan honda vario sudah terlihat semakin menawan, dan sedikit terlihat lebih kekar. Dan perlu diingat penggantian shockabsorber ini jangan sampai menghilangkan kenyamanan dalam berkendara, karena fungsi utama dari shockabsorber adalah untuk meredam kejutan dari jalan.
Selain shockabsorber, penggantian setang juga kerap dilakukan oleh skuticholic. Biasanya mereka memakai setang model telanjang, sehingga mereka harus melepas batok lampu beserta indikator yang ada di dasboardnya. Jika kita mengaplikasi setang model seperti ini usahakan tetap memasang indikator pada motor, karena fungsi dari indikator tersebut sangat vital. Saat ini sudah banyak tersedia indikator yang diperuntukan bagi model setang seperti itu, sehingga kita tidak perlu lagi melakukan banyak penyesuaian.
Selanjutnya modifikasi pada perangkat penghenti laju juga menjadi fokus para pemilik honda vario. Dengan semakin banyaknya variasi yang ada, memungkinkan memperbaiki sistem pengeremam dengan melakukan penggantian cakram besar. Karena dengan mengaplikasi cakram besar gaya pengereman akan menjadi lebih kuat sehingga akan mengurangi jarak pengereman.
Tapi perlu diingat pula, pemasangan cakram besar pada roda belakang sebaiknya dihindari, karena distribusi gaya pengereman akan berubah yang pada akhirnya malah bisa membahayakan pengendara.

Lampu Sein Versi LED

Saat ini teknologi lampu mobil sudah semakin majunya, lampu mobil yang mempunyai kemampuan pencahayaan yang lebih sempurna dan dengan konsumsi listrik yang lebih sedikit menjadi tren. Aplikasi lampu penerangan pada mobil dengan menggunakan LED (Light Emiting Dioda) memenuhi kebutuhan akan lampu mobil yang mempunyai tingkat pencahayaan yang lebih terang dan juga hemat listrik.
Banyak keuntungan yang kita dapatkan dengan pemasangan lampu model LED baik pemasangan pada lampu kepala, lampu sein LED, ataupun lampu rem LED. Yang pasti lampu LED lebih terang dan tidak akan menyebabkan radiasi karena aman dari gas – gas radio aktif. Disamping itu lampu LED tahan lama di soal umur pemakaian, jadi kita bisa melakukan penghematan pada anggaran servis lampu.
Jika mobil kita belum pengaplikasi lampu LED, kita bisa melakukan modifikasi pada lampu mobil kita. Karena tren yang berkembang saat ini lampu mobil LED kian marak. Aplikasinya pada mobil-mobil Eropa sudah tak asing lagi. Sudah pancaran lampu mobil sinarnya terang, irit listrik dibanding dengan bohlam. Tak heran, kenapa LED begitu marak diaplikasi lantaran juga sudah ramai diterapkan di mobil-mobil baru.
Untuk mengganti dari lampu sein model bohlam menjadi LED sebenarnya tidak susah, hanya butuh sedikit ketelitian dan kesabaran selain kita juga harus tahu mengenai kelistrikan mobil.
Proses penggantiannya hanya membutuhkan komponen kelistrikan mulai dari resistor, lampu LED, PCB (papan untuk menaruh komponen), reflektor, timah dan solder. Semua komponen kelistrikan tersebut sudah banyak tersedia di toko – toko alat kelistrikan. Dan biaya per lampunya tidak mahal hanya berkisar antara Rp 50.000.
PCB kita gunakan untuk menempatkan komponen kelistrikan resistor dan lampu LED. Resistor sendiri digunakan untuk penghambat arus listrik, sehingga arus yang mengalir pada lampu LED menjadi pas dan sesuai dengan kebutuhan arus pada lampu LED.
Berikut langkah-langkah pengerjaannya, siapkan bahan-bahan dasar berupa lampu LED, solder, timah, reflektor, PCB dan resistor. Pasang lampu LED pada PCB yang permukaannya berbentuk lingkaran. Lalu, kaki-kaki LED disolder agar terhubung dengan jalur kelistrikan PCB.
Siapkan pula resistor untuk dipasang pada PCB, kemudian disolder seperti pada LED. Setelah lampu LED selesai selanjutnya dipasang di PCB, pasang batok lampu yang sebelumnya sudah dilepas dari dudukannya. Setelah terpasang, pasang kembali penutup lampu dan lampu sein LED siap bekerja.

Modifikasi Satria FU 150

Motor Suzuki Satria FU 150 meupakan salah satu pilihan bagi yang menginginkan motor bebek dengan kemampuan sebanding dengan motor sport. Dengan kapasitas mesin yang mendekati angka 150 cc motor ini layak dijadikan pilihan bagi mereka yang menginginkan kecepatan.
Dengan posisi mesin yang sudah tegak layaknya motor sport, motor ini mempunyai kestabilan yang lebih dibandingkan dengan motor bebek yang lain. Dengan desainnya yang ramping dan simpel sudah pasti lebih gesit di jalanan macet dibandingkan motor sport.
Acuan modifikasi yang dilakukan oleh para pemilik motor ini masih sebatas pada tampilan luar. Bagaimana menampilkan sosok yang kekar pada motor bebek ini dengan tetap mempertahankan kemampuan bermanuver tingginya, bisa diwujudkan melalui penggantian sektor kaki – kaki yang meliputi shock absorber, pelek dan juga ban.
Ganti pelek lebar salah satu solusi untuk mewujudkan tampilan yang kekar dan mencerminkan motor bebek sport. Ganti pelek lebar sudah semestinya diikuti dengan pakai ban besar, pilihlah pelek maupun ban yang mempunyai diameter sama dengan diameter ban sebelumnya, untuk menghindari ban bersinggungan dengan spatbor.
Untuk mendapatkan akselerasi yang lebih responsif pada motor bebek sport ini, kita bisa ganti kabel gas spontan. Kabel gas spontan berfungsi untuk mempercepat putaran gas sehingga bukaan skep pada karburator lebih cepat dibandingkan dengan kabel gas standarnya.
Untuk lebih memaksimalkan kerja mesin motor ini, banyak juga bengkel yang melakukan ubahan pada sistem bahan bakarnya. Untuk sekedar korek harian mereka mengganti jarum pilot jet maupun main jet dengan ukuran yang lebih besar. Dengan mengganti komponen karburator tersebut diharapkan bahan bakar yang akan masuk ke ruang bakar menjadi lebih banyak.
Selanjutnya dengan semakin banyak bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar, pembakaranpun akan menjadi lebih besar yang pada akhirnya tenaga yang dihasilkan pada saat langkah usaha juga akan semakin besar.
Dengan semakin besarnya proses pembakaran yang terjadi di ruang bakar, saluran pembuanganpun juga harus dilakukan ubahan. Ganti knalpot standar dengan kanlpot yang mempunyai spesifikasi lebih tinggi. Di toko variasi banyak yang jual knalpot model racing tersebut, tinggal kita yang harus jeli memilihnya.

Daur Ulang Ban Bekas

Ban sebagai penopang berat kendaraan sekaligus sebagai bagian dari sebuah mobil yang langsung berhubungan dengan jalan mempunyai peran yang sangat vital. Ban sangat menentukan keselamatan berkendara bagi pengendaranya, untuk itu kondisi ban harus selalu kita pantau dan periksa.
Untuk mengetahui kondisi ban apakah masih layak pakai atau harus segera diganti kita lakukan pengecekan fisik ban tersebut. Pengecekan fisik meliputi kondisi tread atau tapak ban. Tapak ban adalah bagian paling bawah dari ban yang langsung menapak ke jalan, jadi bagian ini yang paling cepat aus. Untuk itu selalu pantau kondisinya jangan sampai keausan melewati batas indikator. Jika sudah lewat batas tersebut segera diganti karena sudah tidak aman dan mengganggu keselamatan berkendara.
Banyak bengkel ban yang yang ingin berhemat dengan menambah tread ban dengan ban bekas lain, tread ban yang sudah melewati batas indikator ditambal dan direkatkan dengan tread atau tapak dari ban bekas lain yang masih bagus. Seperti ini banyak dilakukan para pemilik mobil yang ingin mengganti ban mobil mereka tetapi dana terbatas. Karena ban daur ulang tersebut harganya lebih murah dibandingkan dengan ban yang baru.
Sebenarnya bahaya ban daur ulang tersebut sangat berpotensi untuk menyebabkan kecelakaan. Karena ban daur ulang tersebut bisa terkelupas atau bahkan meletus jika panas.
Ada cara lain untuk menghemat tanpa membahayakan keselamatan berkendara, pengisian tekanan ban yang pas sebenarnya bisa memperpanjanng umur ban. Dengan pengisian tekanan ban yang pas ban akan menjadi mudah dikendalikan dan gesekan antara jalan dengan ban menjadi sedikit.
Pemakaian ban yang sesuai dengan kondisi jalanannya juga akan memperpanjang umur ban, ban yang dipakai di jalanan off road berbeda dengan ban yang dipakai di jalanan aspal. Ban yang dipakai untuk beban muatan juga berbeda dengan ban yang dipakai untuk mobil-mobil berkecepatan tinggi. Untuk itu saat kita membeli ban kita harus benar-benar jeli jenis ban yang akan kita beli apakah sudah sesuai dengan keperluan kita.
Terakhir perilaku berkendara kita, apakah sudah menerapkan berkendara yang benar dan aman. Berkendara yang aman akan ekomonis akan menghemat pemakaian bahan bakar dan juga sekaligus menghemat pemakaian ban karena ban tidak dipaksa untuk berakselerasi secara spontan, sehingga akan lebih aman.

Tuning Motor Balap 4 Tak

Motor balap yang ada di Indonesia merupakan motor harian yang telah dinaikkan speknya, dari spesifikasi standar keluaran pabrik diubah atau dinaikkan untuk mendapatkan kinerja dari mesin yang optimal. Para mekanik balap berusaha memodifikasi mesin motor untuk mendapatkan tenaga yang besar.
Bagian apa saja yang biasa di lakukan modifikasi oleh para mekanik balap? Yang jelas menaikan kapasitas mesin menjadi hal pertama yang sering dilakukan oleh para mekanik. Menaikan kapasitas mesin bisa dilakukan dengan memperbesar ruang bakar, mengganti piston dengan ukuran yang lebih besar bisa menaikkan kapasitas ruang bakar. Tapi perlu diingat juga dengan memperbesar piston belum tentu menaikan tenaga motor, tanpa perhitungan yang pas menaikan kapasitas mesin malah nisa menyebabkan tenaga mesin turun.
Selain menaikan kapasitas mesin, para mekanik balap tidak jarang melakukan ubahan untuk menaikan kompresi mesin. Kompresi pada mesin merupakan tekanan yang ada di ruang bakar, tekanan tersebut menentukan besarnya tenaga yang akan dihasilkan saat terjadinya langkah usaha. Menaikan kompresi mesin bisa dilakukan dengan mempersempit ruang bakar, caranya dengan melakukan modifikasi pada langkah piston atau stroke.
Langkah piston dibikin lebih panjang dengan mengganti stang piston dengan baru yang mempunyai ukuran lebih panjang atau juga bisa dengan cara merubah titik pangkal dari stang piston pada kruk as, sehingga langkah piston menjadi lebih panjang yang menyebabkan kompresi bisa naik.
Untuk memaksimalkan bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam ruang bakar para mekanik balap biasanya melakukan modifikasi pada komponen noken as. Dengan melakukan bubut noken as mereka bisa mengatur durasi bukaan dan tinggi dari katup hisap maupun katup buang. bubut noken as juga memerlukan perhitungan yang tepat karena jika salah perhitungan akibatnya bsia fatal. Akibat yang sering terjadi adalah katup bertumbukan dengan piston.
Tiga modifikasi mesin tersebut akan efektif jika ditunjang dengan komponen lain. Seperti sistem bahan bakar harus lancar, jangan sampai aliran bahan bakar tidak lancar atau mungkin carburator sudah tidak bisa bekerja secara optimal dalam mengkarburasi campuran bahan bakar dan oksigen.
Sistem pengapianpun juga harus mendukung, menaikan kompresi mesin dan menaikan kapasitas mesin  akan menjadi percuma jika proses pembakaran tidak terjadi secara sempurna. Sehingga kebanyakan para mekanik mengganti sistem pengapian standarnya mulai dari Cdi, koil dan juga busi sehingga di dapatkan percikan api yang besar.

0 komentar:

Posting Komentar

Senin, 13 Desember 2010

Kegunaan Lampu depan


Sistem penerangan pada mobil terbagi menjadi beberapa bagian, dimana salah satunya adalah lampu depan. Lampu depan yang terdiri dari lampu kepala dan lampu sein sangat vital keberadaannya di mobil. Lampu kepala sendiri terdiri dari lampu jarak dekat dan jarak jauh yang berfungsi menerangi jalan pada saat malam hari.
Lampu jarak dekat mempunyai jarak penyinaran sekitar 40 m dari ujung depan mobil, biasanya dipakai untuk melakukan perjalanan malam hari di jalanan perkotaan dengan penerangan lampu jalan yang baik. Sedangkan untuk lampu jarak jauh mempunyai jarak penyinaran berkisar 100 m dari ujung depan mobil kita. sehingga jangkuan kedepannya lebih jauh, biaanya lampu jauh ini dipakai untuk mengetahui kondisi jalanan didepan saat kita mau menyalip mobil pada malam hari.
Sedangkan model lampu kepala sendiri ada dua macam yaitu sealed beam dan semi sealed beam. Kedua model lampu ini dibedakan berdasarkan konstruksinya. Model sealed beam ditunjukkan dengan bohlam lampu dan rumah lampu menyatu, sehingga jika lampu mati maka penggantiannyapun harus satu paket. Sedangkan untuk model semi sealed beam konstruksinya terpisah antara bohlam lampu dengan rumah lampu sehingga memungkinkan untuk penggantian bohlamnya saja. Untuk model kedua biasanya dipasangi dengan jenis lampu halogen ataupun juga lampu xenon.
Untuk membantu memperbaiki jarak pandang ke arah depan di saat hujan lebat, jika lampu utama tidak mampu kendaraan tidak mampu menembus lebatnya hujan, maka lampu kabut atau foglamp yang berwarna kuning merupakan solusi untuk menghadapi situasi dan keadaan yang seperti itu.
Selaian lampu kepala yang tidak kalah pentingnya adalah lampu hazard. Adapun yang dimaksud dengan lampu hazard adalah berkedipnya lampu sinyal pemberi isyarat arah belok kanan dan belok kiri secara bersamaan. Fungsi dari lampu ini, menurut aturan internasional, untuk menunjukkan adanya keadaan hazard atau situasi darurat sedang terjadi pada kendaraan yang menyalakan lampu tersebut.
Situasi dan kondisi yang dimaksudkan itu, antara lain apabila kendaraan yang bersangkutan itu karena mogok ataupun alasan lainnya menjadi terpaksa berhenti di tengah badan jalan atau di bahu jalan, pada saat keadaan lalu lintas di sekelilingnya sedang bergerak dengan cepat. Sehingga jika ada mobil yang akan menyalip mobil kita mereka akan lebih hati-hati.
Kewajiban menghidupkan lampu hazard pada saat keadaan yang demikian itu dimaksudkan agar kendaraan lainnya dari jarak yang aman dan memadai sehingga dapat melakukan antisipasi untuk melakukan manuver menghindar.
Lampu hazard ini, secara aturan bakunya hanya boleh digunakan untuk keadaan kendaraan yang sedang tidak dalam keadaan bergerak.

Aman Mengemudi Di malam Hari


Mengemudi di malam hari bagi sebagian orang adalah sesuatu yang menakutkan. Banyak kejadian mobil mogok di tengah jalan pada malam hari karena kurangnya perawatan dari pemiliknya. Atau mungkin banyaknya kecelakaan yang terjadi karena kurang pahamnya dengan tips mengemudi pada malam hari.
Mengemudi pada malam hari yang perlu kita perhatikan adalah kondisi lampu penerangan kita.
Jangan sampai saat kita berkendara malam hari kondisi lampu penerangan kita kurang terang atau bahkan mati yang menyebabkan kita tidak bisa melihat kondisi jalanan. Selalu lakukan pengecekan kondisi lampu penerangan kita di bengkel mobil langganan saat kita servis rutin.
Selain itu penggunaan lampu yang tidak sesuai juga mengundang resiko terjadinya kecelakaan.
Misalkan kita selalu menggunakan lampu jarak jauh saat di jalanan gelap akibatnya pengemudi dari arah berlawanan akan terganggu pengamatannya terhadap jalan yang bisa menyebabkan hilang kendali terhadap jalan. Yang pada akhirnya bisa menjadi kecelakaan.
Yang pasti kita harus selalu siap dengan kondisi apapun yang akan terjadi saat mengemudi pada malam hari.
Untuk itu semua perlengkapan dan kebutuhan yang kita perlukan harus selalu kita persiapkan di dalam bagasi mobil kita. karena kita tidak tahu kapan masalah akan datang, beruntung jika datangnya siang hari, tapi jika malam hari kita juga harus siap.
Seperti perlengkapan yang wajib ada di dalam mobil kita adalah ban serep.
Karena kita tidak akan tahu kapan ban mobil kita bocor sehingga peralatan mengganti ban harus wajib kita ikutkan saat kita berkendara terutama pada malam hari. Kunci untuk melepas ban mobil dan dongkrak ban harus menjadi prioritas utama di bagasi mobil kita.
Jangan lupa juga catat nomor telpon bengkel mobil yang ada disepanjang jalan yang kita lalui.
Dengan mengetahui nomor bengkel mobil terdekat saat kita mengalami mogok dijalan, maka kita tinggal telpon pemilik bengkel mobil tersebut dan tidak butuh waktu lama untuk datang ke tempat kita.
siapkan juga bohlam lampu h4 cadangan dan sekering, sewaktu – waktu lampu penerangan mati di jalan kita bisa langsung melakukan penggantian di tempat, tidak perlu ke bengkel mobil yang jaraknya mungkin cukup jauh.

Kaca Film Melindungi Interior Mobil Anda


Untuk melindungi interior mobil kita dari sengatan terik matahari ada baiknya kita lapisi kaca mobil kita dengan kaca film mobil. Dengan adanya kaca film mobil tersebut akan membuat interior dalam mobil kita terlindungi dari sinar yang merusak. Sekarang banyak ditawarkan paket kaca film mobil dengan berbagai kelebihan dan harga yang bervariasi. Yang jelas kita harus benar-benar paham dengan fungsi dasar dari kaca film dan spesifikasi yang menyertainya.
Ada beberapa  merek kaca film yang ada di pasaran, mutu dari masing-masing kaca film tersebut berdasarkan kualitas dari bahan pendukungnya. Untuk memudahkan membaca spesifikasi untuk kaca film mobil maka dapat difokuskan pada 4 spesifikasi yang terdapat pada kaca film.
Yang pertama adalah UVR (Ultraviolet Reflectance), jenis kaca film mobil yang dilengkapi dengan spesifikasi ini mampu menolak sinar ultra violet. Dimana sinar ultraviolet adalah cahaya yg dapat membuat interior mobil yang terbuat dari kulit  menjadi retak/pecah-pecah, warna interior mobil memudar dan yang paling berbahaya adalah dapat menyebabkan kanker kulit. Pada umumnya kaca film branded dapat menolak UV 99%.
Yang kedua adalah jenis VLT (Visible Light Transmittance), VLT berhubungan dg persentase kegelapan kaca film, pada umumnya kaca mobil sebelum terpasang kaca film dapat menolak cahaya 5%. Kaca film mobil yang terlalu gelap berakibat saat parkir mundur pada malam hari dengan kondisi penerangan yg kurang, maka akan sulit melihat spion dengan jelas.
Jenis ketiga kaca film mobil dengan spesifikasi IRR (Infra Red Reflectance/Rejected. Jenis kaca film mobil seperti ini mampu memantulkan sinar infra merah . Selanjutnya jenis TSER (Total Solar Energy Rejected), menunjukkan total solar energy (heat/panas) yg di tolak oleh kaca film. Semakin besar persentase TSER semakin baik, krn menandakan kemampuan kaca film untuk menolak panas yg masuk melalui kaca film secara total.
Semakin lengkap kemampuan yang dimiliki sebuah kaca film mobil semakin mahal juga harga kaca film tersebut. Dengan kemampuan yang memantulkan sinar ultra violet, sinar infra merah dan kemampuan menolak cahaya yang masuk semakin baik sudah pasti keamanan dan keselamatan dalam berkendara juga akan semakin terjamin.

Alarm Mobil


Maraknya percurian mobil akhir-akhir ini menjadikan kita sebagai pemilik mobil merasa was-was. Untuk itu kita harus selalu waspada dan jaga-jaga dengan segala kondisi yang mungkin akan terjadi. Tidak ada salahnya jika kita melengkapi mobil kita dengan alarm mobil.
Dengan alarm mobil kita harapkan mobil kita bisa aman dari pencurian dan kita tidak usah kuatir dengan aki mobil kita yang cepat habis dengan pemakaian alarm. Anggapan dengan penggunaan alarm mengakibatkan aki mobil tekor sebetulnya adalah kesalahan yang jarang terjadi dari pemasangan alarm.
Pemakaian arus listrik pada saat alarm sedang aktif (stand by) adalah tidak lebih besar dari jam digital pada mobil itu sendiri yaitu sekitar 0,06A yang mana bila ditinggal dalam waktu yang cukup lama (misalnya 1 minggu) tidak akan memboroskan / membuat aki mobil tekor.
Aki menjadi boros bisa disebabkan alarm terlalu sering berbunyi, atau sirine selalu sering dibunyikan dalam waktu yang lama, karena jika hal ini terjadi memang sudah pasti dapat memboroskan pemakaian arus listrik pada aki mobil
saat pemasanganpun kita harus hati-hati, pilih bengkel mobil yang kompeten dalam pemasangan alarm mobil tersebut.
Karena kesalahan dalam pemasangan alarm mobil bisa menyebabkan korsleting. untuk alarm, jika pengerjaan dan pemasangan yang benar dan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh pabrik hal tersebut dapat di hindari.
Yang perlu diingat juga saat pemasangan sensor-sensor pada beberapa jenis mobil, usahakan pemasangan sensor tersebut diletakkan pada tempat yang tersembuyi dan terlindungi dari air maupun benturan-benturan yang keras.
Kalaupun terjadi permasalahan pada mobil yang dipasangi alarm, hendaknya permasalah itu di lihat kerusakannya karena walaupun alarm dipasang pada mobil tetapi menggunakan sistem pemasangan tersendiri dan hanya mengambil sedikit arus sebagai sarana input dan outputnya.
Jadi anggapan bahwa pemasangan alarm mobil bisa membuat aki mobil tekor tidak selama benar asalkan pemasangan dan instalasi kelistrikannya benar dan tidak terdapat korsleting.

Beli Mobil, hal penting yang harus diingat

belimobilMembeli sebuah mobil baik mobil baru maupun mobil bekas membutuhkan ketelitian. Untuk itu sebelum beli mobil ada baiknya kita mengumpulkan semua informasi yang nantinya akan bisa membantu kita dalam menentukan mobil apa dan seperti apa yang akan kita beli.
Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menyiapkan budget yang sesuai dengan kemampuan kita. Budget ini harus benar – benar kita persiapkan dan hitung sebelum kita beli mobil. Selanjutnya dari budget yang ada kita bisa menentukan beli mobil baru atau mobil bekas atau mobil tangan kedua.
Jika budget kita mencukupi untuk membeli sebuah mobil baru, resikonya mungkin lebih kecil daripada kita membeli mobil bekas. Yang jelas mobil baru kualitasnya sudah pasti dijamin karena memang masih baru. Dealer yang jual mobil baru pun banyak sehingga kita akan lebih leluasa dalam memilih.
Meskipun kita membeli mobil baru atau mobil bekas, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Hal – hal tersebut meskipun berbeda – beda antara satu orang dengan orang yang lain, yang pasti akan bisa menjadi masukan buat kita. Diantaranya yang bisa menjadi pertimbangan kita adalah:
1. Pilihlah mobil dengan spare part pendukung yang banyak tersedia di toko onderdil mobil. Dengan banyaknya spare part dari mobil yang menjadi pilihan kita, kita akan merasa lebih tenang saat memakainya keluar kota karena banyak toko onderdil mobil yang menjual spare partnya.
2. Pilihlah mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Misalkan kita keluarga kecil dengan dua orang anak, untuk keluarga dengan jumlah anggota keluarga tidak lebih dari lima orang mungkin mobil sedang yang paling cocok.
3. Pilihlan mobil dengan harga jual kembali yang tinggi dan kesediaan bengkel mobil resmi yang banyak dan tersebar diberbagai kota.
4. Pilihlah mobil yang mempunyai ekonomis tinggi. Mobil dengan nilai ekonimis yang tinggi adalah mobil yang bisa memberikan nilai keuntungan – keuntungan tersendiri bagi kita. Keuntungan tersebut bisa berupa konsumsi bahan bakar yang hemat atau juga spare part yang murah.
Empat hal tersebut bisa menjadi pertimbangan kita dalam memilih mobil yang akan kita beli. Dengan demikian kita tidak akan mengalami salah pilih dalam menentukan mobil apa yang akan kita beli. Dan juga kita akan dapat membeli mobil sesuai dengan yang kita butuhkan dan budget yang tersedia. Selamat berburu mobil!
Membeli sebuah mobil baik mobil baru maupun mobil bekas membutuhkan ketelitian. Untuk itu sebelum beli mobil ada baiknya kita mengumpulkan semua informasi yang nantinya akan bisa membantu kita dalam menentukan mobil apa dan seperti apa yang akan kita beli. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menyiapkan budget yang sesuai dengan kemampuan kita. Budget ini harus benar – benar kita persiapkan dan hitung sebelum kita beli mobil. Selanjutnya dari budget yang ada kita bisa menentukan beli mobil baru atau mobil bekas atau mobil tangan kedua.
Jika budget kita mencukupi untuk membeli sebuah mobil baru, resikonya mungkin lebih kecil daripada kita membeli mobil bekas. Yang jelas mobil baru kualitasnya sudah pasti dijamin karena memang masih baru. Dealer yang jual mobil baru pun banyak sehingga kita akan lebih leluasa dalam memilih.
Meskipun kita membeli mobil baru atau mobil bekas, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Hal – hal tersebut meskipun berbeda – beda antara satu orang dengan orang yang lain, yang pasti akan bisa menjadi masukan buat kita. Diantaranya yang bisa menjadi pertimbangan kita adalah:
1. Pilihlah mobil dengan spare part pendukung yang banyak tersedia di toko onderdil mobil. Dengan banyaknya spare part dari mobil yang menjadi pilihan kita, kita akan merasa lebih tenang saat memakainya keluar kota karena banyak toko onderdil mobil yang menjual spare partnya.
2. Pilihlah mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Misalkan kita keluarga kecil dengan dua orang anak, untuk keluarga dengan jumlah anggota keluarga tidak lebih dari lima orang mungkin mobil sedang yang paling cocok.
3. Pilihlan mobil dengan harga jual kembali yang tinggi dan kesediaan bengkel mobil resmi yang banyak dan tersebar diberbagai kota.
4. Pilihlah mobil yang mempunyai ekonomis tinggi. Mobil dengan nilai ekonimis yang tinggi adalah mobil yang bisa memberikan nilai keuntungan – keuntungan tersendiri bagi kita. Keuntungan tersebut bisa berupa konsumsi bahan bakar yang hemat atau juga spare part yang murah.
Empat hal tersebut bisa menjadi pertimbangan kita dalam memilih mobil yang akan kita beli. Dengan demikian kita tidak akan mengalami salah pilih dalam menentukan mobil apa yang akan kita beli. Dan juga kita akan dapat membeli mobil sesuai dengan yang kita butuhkan dan budget yang tersedia. Selamat berburu mobil!

Variasi Honda Vario

Image Honda telah melekat di masyarakat Indonesia sebagai pabrikan roda dua yang terbaik. Dan tidak mengherankan jika sebagian masyarakat Indonesia menganggap motor adalah Honda. Hal itu tidak mengherankan jika model maupun tipe apapun yang dikeluarkan oleh pabrikan Honda akan diterima dengan baik oleh pasar. Begitupun saat Honda mengeluarkan varian matiknya yaitu Honda Vario. Varian skutik ini laris manis mendampingi Yamaha Mio di kelas skutik.
Dengan bagusnya angka penjualan Honda vario diikuti juga dengan ramainya bursa variasi nya. Di banyak toko variasi saat ini sudah banyak tersedia aneka variasi Honda Vario yang diperuntukkan khusus untuk mempercantik tampilannya.
Karena saat ini fungsi motor sebagai alat transportasi sudah mulai bergeser menjadi media katualisasi diri dan juga sebagai gaya hidup. Untuk itu penambahan variasi sangat memungkinkan untuk mewujudkan tujuan tersebut. Dan dengan penambahan variasi pula motor akan terlihat berbeda dengan motor lain.
Variasi Honda Vario apa saja yang biasa diaplikasi oleh para pemakainya? Kebanyakan para pemakai vario fokus pada modifikasi tampilan luar. Seperti penggantian shockabsorber dengan yang model upside down. Dengan penggantian shockabsorber tampilan honda vario sudah terlihat semakin menawan, dan sedikit terlihat lebih kekar. Dan perlu diingat penggantian shockabsorber ini jangan sampai menghilangkan kenyamanan dalam berkendara, karena fungsi utama dari shockabsorber adalah untuk meredam kejutan dari jalan.
Selain shockabsorber, penggantian setang juga kerap dilakukan oleh skuticholic. Biasanya mereka memakai setang model telanjang, sehingga mereka harus melepas batok lampu beserta indikator yang ada di dasboardnya. Jika kita mengaplikasi setang model seperti ini usahakan tetap memasang indikator pada motor, karena fungsi dari indikator tersebut sangat vital. Saat ini sudah banyak tersedia indikator yang diperuntukan bagi model setang seperti itu, sehingga kita tidak perlu lagi melakukan banyak penyesuaian.
Selanjutnya modifikasi pada perangkat penghenti laju juga menjadi fokus para pemilik honda vario. Dengan semakin banyaknya variasi yang ada, memungkinkan memperbaiki sistem pengeremam dengan melakukan penggantian cakram besar. Karena dengan mengaplikasi cakram besar gaya pengereman akan menjadi lebih kuat sehingga akan mengurangi jarak pengereman.
Tapi perlu diingat pula, pemasangan cakram besar pada roda belakang sebaiknya dihindari, karena distribusi gaya pengereman akan berubah yang pada akhirnya malah bisa membahayakan pengendara.

Lampu Sein Versi LED

Saat ini teknologi lampu mobil sudah semakin majunya, lampu mobil yang mempunyai kemampuan pencahayaan yang lebih sempurna dan dengan konsumsi listrik yang lebih sedikit menjadi tren. Aplikasi lampu penerangan pada mobil dengan menggunakan LED (Light Emiting Dioda) memenuhi kebutuhan akan lampu mobil yang mempunyai tingkat pencahayaan yang lebih terang dan juga hemat listrik.
Banyak keuntungan yang kita dapatkan dengan pemasangan lampu model LED baik pemasangan pada lampu kepala, lampu sein LED, ataupun lampu rem LED. Yang pasti lampu LED lebih terang dan tidak akan menyebabkan radiasi karena aman dari gas – gas radio aktif. Disamping itu lampu LED tahan lama di soal umur pemakaian, jadi kita bisa melakukan penghematan pada anggaran servis lampu.
Jika mobil kita belum pengaplikasi lampu LED, kita bisa melakukan modifikasi pada lampu mobil kita. Karena tren yang berkembang saat ini lampu mobil LED kian marak. Aplikasinya pada mobil-mobil Eropa sudah tak asing lagi. Sudah pancaran lampu mobil sinarnya terang, irit listrik dibanding dengan bohlam. Tak heran, kenapa LED begitu marak diaplikasi lantaran juga sudah ramai diterapkan di mobil-mobil baru.
Untuk mengganti dari lampu sein model bohlam menjadi LED sebenarnya tidak susah, hanya butuh sedikit ketelitian dan kesabaran selain kita juga harus tahu mengenai kelistrikan mobil.
Proses penggantiannya hanya membutuhkan komponen kelistrikan mulai dari resistor, lampu LED, PCB (papan untuk menaruh komponen), reflektor, timah dan solder. Semua komponen kelistrikan tersebut sudah banyak tersedia di toko – toko alat kelistrikan. Dan biaya per lampunya tidak mahal hanya berkisar antara Rp 50.000.
PCB kita gunakan untuk menempatkan komponen kelistrikan resistor dan lampu LED. Resistor sendiri digunakan untuk penghambat arus listrik, sehingga arus yang mengalir pada lampu LED menjadi pas dan sesuai dengan kebutuhan arus pada lampu LED.
Berikut langkah-langkah pengerjaannya, siapkan bahan-bahan dasar berupa lampu LED, solder, timah, reflektor, PCB dan resistor. Pasang lampu LED pada PCB yang permukaannya berbentuk lingkaran. Lalu, kaki-kaki LED disolder agar terhubung dengan jalur kelistrikan PCB.
Siapkan pula resistor untuk dipasang pada PCB, kemudian disolder seperti pada LED. Setelah lampu LED selesai selanjutnya dipasang di PCB, pasang batok lampu yang sebelumnya sudah dilepas dari dudukannya. Setelah terpasang, pasang kembali penutup lampu dan lampu sein LED siap bekerja.

Modifikasi Satria FU 150

Motor Suzuki Satria FU 150 meupakan salah satu pilihan bagi yang menginginkan motor bebek dengan kemampuan sebanding dengan motor sport. Dengan kapasitas mesin yang mendekati angka 150 cc motor ini layak dijadikan pilihan bagi mereka yang menginginkan kecepatan.
Dengan posisi mesin yang sudah tegak layaknya motor sport, motor ini mempunyai kestabilan yang lebih dibandingkan dengan motor bebek yang lain. Dengan desainnya yang ramping dan simpel sudah pasti lebih gesit di jalanan macet dibandingkan motor sport.
Acuan modifikasi yang dilakukan oleh para pemilik motor ini masih sebatas pada tampilan luar. Bagaimana menampilkan sosok yang kekar pada motor bebek ini dengan tetap mempertahankan kemampuan bermanuver tingginya, bisa diwujudkan melalui penggantian sektor kaki – kaki yang meliputi shock absorber, pelek dan juga ban.
Ganti pelek lebar salah satu solusi untuk mewujudkan tampilan yang kekar dan mencerminkan motor bebek sport. Ganti pelek lebar sudah semestinya diikuti dengan pakai ban besar, pilihlah pelek maupun ban yang mempunyai diameter sama dengan diameter ban sebelumnya, untuk menghindari ban bersinggungan dengan spatbor.
Untuk mendapatkan akselerasi yang lebih responsif pada motor bebek sport ini, kita bisa ganti kabel gas spontan. Kabel gas spontan berfungsi untuk mempercepat putaran gas sehingga bukaan skep pada karburator lebih cepat dibandingkan dengan kabel gas standarnya.
Untuk lebih memaksimalkan kerja mesin motor ini, banyak juga bengkel yang melakukan ubahan pada sistem bahan bakarnya. Untuk sekedar korek harian mereka mengganti jarum pilot jet maupun main jet dengan ukuran yang lebih besar. Dengan mengganti komponen karburator tersebut diharapkan bahan bakar yang akan masuk ke ruang bakar menjadi lebih banyak.
Selanjutnya dengan semakin banyak bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar, pembakaranpun akan menjadi lebih besar yang pada akhirnya tenaga yang dihasilkan pada saat langkah usaha juga akan semakin besar.
Dengan semakin besarnya proses pembakaran yang terjadi di ruang bakar, saluran pembuanganpun juga harus dilakukan ubahan. Ganti knalpot standar dengan kanlpot yang mempunyai spesifikasi lebih tinggi. Di toko variasi banyak yang jual knalpot model racing tersebut, tinggal kita yang harus jeli memilihnya.

Daur Ulang Ban Bekas

Ban sebagai penopang berat kendaraan sekaligus sebagai bagian dari sebuah mobil yang langsung berhubungan dengan jalan mempunyai peran yang sangat vital. Ban sangat menentukan keselamatan berkendara bagi pengendaranya, untuk itu kondisi ban harus selalu kita pantau dan periksa.
Untuk mengetahui kondisi ban apakah masih layak pakai atau harus segera diganti kita lakukan pengecekan fisik ban tersebut. Pengecekan fisik meliputi kondisi tread atau tapak ban. Tapak ban adalah bagian paling bawah dari ban yang langsung menapak ke jalan, jadi bagian ini yang paling cepat aus. Untuk itu selalu pantau kondisinya jangan sampai keausan melewati batas indikator. Jika sudah lewat batas tersebut segera diganti karena sudah tidak aman dan mengganggu keselamatan berkendara.
Banyak bengkel ban yang yang ingin berhemat dengan menambah tread ban dengan ban bekas lain, tread ban yang sudah melewati batas indikator ditambal dan direkatkan dengan tread atau tapak dari ban bekas lain yang masih bagus. Seperti ini banyak dilakukan para pemilik mobil yang ingin mengganti ban mobil mereka tetapi dana terbatas. Karena ban daur ulang tersebut harganya lebih murah dibandingkan dengan ban yang baru.
Sebenarnya bahaya ban daur ulang tersebut sangat berpotensi untuk menyebabkan kecelakaan. Karena ban daur ulang tersebut bisa terkelupas atau bahkan meletus jika panas.
Ada cara lain untuk menghemat tanpa membahayakan keselamatan berkendara, pengisian tekanan ban yang pas sebenarnya bisa memperpanjanng umur ban. Dengan pengisian tekanan ban yang pas ban akan menjadi mudah dikendalikan dan gesekan antara jalan dengan ban menjadi sedikit.
Pemakaian ban yang sesuai dengan kondisi jalanannya juga akan memperpanjang umur ban, ban yang dipakai di jalanan off road berbeda dengan ban yang dipakai di jalanan aspal. Ban yang dipakai untuk beban muatan juga berbeda dengan ban yang dipakai untuk mobil-mobil berkecepatan tinggi. Untuk itu saat kita membeli ban kita harus benar-benar jeli jenis ban yang akan kita beli apakah sudah sesuai dengan keperluan kita.
Terakhir perilaku berkendara kita, apakah sudah menerapkan berkendara yang benar dan aman. Berkendara yang aman akan ekomonis akan menghemat pemakaian bahan bakar dan juga sekaligus menghemat pemakaian ban karena ban tidak dipaksa untuk berakselerasi secara spontan, sehingga akan lebih aman.

Tuning Motor Balap 4 Tak

Motor balap yang ada di Indonesia merupakan motor harian yang telah dinaikkan speknya, dari spesifikasi standar keluaran pabrik diubah atau dinaikkan untuk mendapatkan kinerja dari mesin yang optimal. Para mekanik balap berusaha memodifikasi mesin motor untuk mendapatkan tenaga yang besar.
Bagian apa saja yang biasa di lakukan modifikasi oleh para mekanik balap? Yang jelas menaikan kapasitas mesin menjadi hal pertama yang sering dilakukan oleh para mekanik. Menaikan kapasitas mesin bisa dilakukan dengan memperbesar ruang bakar, mengganti piston dengan ukuran yang lebih besar bisa menaikkan kapasitas ruang bakar. Tapi perlu diingat juga dengan memperbesar piston belum tentu menaikan tenaga motor, tanpa perhitungan yang pas menaikan kapasitas mesin malah nisa menyebabkan tenaga mesin turun.
Selain menaikan kapasitas mesin, para mekanik balap tidak jarang melakukan ubahan untuk menaikan kompresi mesin. Kompresi pada mesin merupakan tekanan yang ada di ruang bakar, tekanan tersebut menentukan besarnya tenaga yang akan dihasilkan saat terjadinya langkah usaha. Menaikan kompresi mesin bisa dilakukan dengan mempersempit ruang bakar, caranya dengan melakukan modifikasi pada langkah piston atau stroke.
Langkah piston dibikin lebih panjang dengan mengganti stang piston dengan baru yang mempunyai ukuran lebih panjang atau juga bisa dengan cara merubah titik pangkal dari stang piston pada kruk as, sehingga langkah piston menjadi lebih panjang yang menyebabkan kompresi bisa naik.
Untuk memaksimalkan bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam ruang bakar para mekanik balap biasanya melakukan modifikasi pada komponen noken as. Dengan melakukan bubut noken as mereka bisa mengatur durasi bukaan dan tinggi dari katup hisap maupun katup buang. bubut noken as juga memerlukan perhitungan yang tepat karena jika salah perhitungan akibatnya bsia fatal. Akibat yang sering terjadi adalah katup bertumbukan dengan piston.
Tiga modifikasi mesin tersebut akan efektif jika ditunjang dengan komponen lain. Seperti sistem bahan bakar harus lancar, jangan sampai aliran bahan bakar tidak lancar atau mungkin carburator sudah tidak bisa bekerja secara optimal dalam mengkarburasi campuran bahan bakar dan oksigen.
Sistem pengapianpun juga harus mendukung, menaikan kompresi mesin dan menaikan kapasitas mesin  akan menjadi percuma jika proses pembakaran tidak terjadi secara sempurna. Sehingga kebanyakan para mekanik mengganti sistem pengapian standarnya mulai dari Cdi, koil dan juga busi sehingga di dapatkan percikan api yang besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blog Template by YummyLolly.com - Header made with PS brushes by gvalkyrie.deviantart.com
Sponsored by Free Web Space